Jumat, 10 Desember 2010

Pengalaman PKL di Malang

pukul 05.00 dini hari, siswa-siswi dari kelas XI IS1, XIS2, dan Bahasa berangkat menuju kota malang untuk melaksanakan PKL. sebelum keberangkatan telah disampaikan pengarahan dan pesan dari bapak kepala sekolah yang di wakilkan kepada ibu Ninik woro.
bus yang membawa rombongan dari SMA N 2 Bojonegoro ini setelah menempuh setengah perjalanan, berhenti sejenak di SPBU lamongan untuk makan pagi. wajah-wajah ceria kami terpancar dengan sendirinya, canda dan tawa yang menyelingi perjalanan kami, membuat jarak kota Bojonegoro-Malang tidak begitu terasa. sesampainya di kota malang, kami diberi waktu untuk ganti pakaian di SPBU terdekat. kemudian perjalanan dilanjutkan menuju lokasi PKL yang pertama yaitu candi singasari.
memasuki komplek candi singasari, kami disambut oleh arca-arca yang berjajar disebelah kiri jalan setapak yang kami lalui, wujud arca-arca tersebut sudah tidak sempurnya karena mengalami pelapukan. rumput-rumput dan tanaman hias yang kebanyakan jenisnya adalah kamboja itu terawat dwngan baik, sehingga terlihat rapi dan menarik. candi singasari memang tidak sebesar candi borobudur, meskipun demikian candi ini tetap menjadi salah satu bagian dari sejarah di indonesia. bagaimana tidak, candi ini merupakan bukti sejarah mengenai kerajaan-kerajaan yang pernah mencapai masa kejayaan di indonesia. terutama kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha.
disana tidak hanya bapak dan ibu guru saja yang menyampaikan informasi mengenai candi singasari tersebut, ada seorang tour guide lokal yang menjelaskan pada kami beberapa hal tentang candi singasari.
berikutnya adalah kebun apel sebagai tujuan ke2 setelah dari candi singasari. berbeda dengan perjalanan sebelumnya, untuk sampai dikebun apel kami harus menggunakan transportasi lain, karena jalur menuju kebun apel tidak bisa dilalui dengan menggunakan bus. jadi kami harus naik mobil angkutan yang telah disediakan.
sesampainya disana, kami disuguhkan pada hamparan pohon-pohon apel yang tingginya rata-rata sama dengan tinggi kami. disini kami mendapat pengarahan dari bapak pengelola kebun apel tersebut, mengenai proses pembibitan hingga masa panen.

Tidak ada komentar: